Senin, 19 Februari 2018

Inilah Efek Samping Filler Hidung


Inilah Efek Samping Filler Hidung

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Olehdr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
5 bulan yang lalu
Filler hidung sering dilakukan agar mendapatkan hidung mancung. Tapi hati-hati dengan efek samping filler hidung.
Inilah Efek Samping Filler Hidung
Klikdokter.com, Jakarta Hidung mancung sering dianggap dapat menambah kecantikan seseorang. Dulu, demi memperoleh hidung yang mancung, seseorang harus melakukan operasi plastik. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, bentuk hidung idaman tersebut dapat dicapai hanya dengan filler hidung. Tapi berhati-hatilah dengan efek samping filler hidung.

Lalu, apa itu filler hidung?

Baca Juga
Tren Kecantikan Filler, Amankah Bagi Kesehatan?
Makin Cantik dengan Suntikan Filler
Filler merupakan suatu tindakan menyuntikkan cairan berupa asam hialuronat ke bawah kulit. Sebenarnya filler dapat dilakukan di beberapa bagian tubuh seperti hidung, dagu, bibir, dan bagian tubuh lainnya. Selain itu, filler juga dapat digunakan untuk mengurangi kerutan seperti smile line, kerutan pada dahi maupun kantung mata.

Akan tetapi, di balik prosedur filler untuk menambah kecantikan terutama hidung mancung terdapat beberapa efek samping yang perlu Anda perhatikan seperti:

Infeksi

Suntikan mengakibatkan luka kecil pada tubuh. Infeksi dapat terjadi ketika alat serta prosedur yang dilakukan tidak terjamin kebersihannya. Untuk menghindari terjadinya infeksi, kebersihan alat harus terjamin dan prosedur harus dilakukan dokter tenaga ahli.

Benjolan

Reaksi tubuh tiap orang berbeda-beda. Ketika tubuh diberikan suntikan filler, tubuh akan memberikan reaksi terhadap benda asing tersebut. Pada beberapa orang dapat terjadi reaksi yang kronis, sehingga kulit berusaha untuk membungkus cairan filler dalam suatu kapsul dan menyebabkan benjolan.

Perubahan warna kulit

Cairan asam hialuronat dapat memantulkan cahaya pada spektrum tertentu. Ketika cairan filler ini disuntikkan terlalu dekat ke permukaan kulit, dapat menyebabkan warna kebiruan pada kulit. Efek samping ini disebut efek Tyndall.

Reaksi alergi

Filler juga dapat menyebabkan reaksi alergi yang jarang dan tak terduga. Reaksi alergi dapat beragam, dari yang ringan seperti ruam merah, hingga yang berat dan mengancam nyawa yaitu syok anafilaksis.

Asimetri

Cairan filler dapat bermigrasi atau berpindah ke sisi tubuh lain seiring dengan waktu. Hal ini dapat menyebabkan asimetri atau perubahan bentuk pada tubuh Anda, seperti hidung.
Setelah mengetahui efek samping filler hidung seperti yang diuraikan di atas, apakah Anda masih tertarik untuk menjalaninya? Jika Anda masih ingin melakukan filler hidung sebaiknya lakukanlah dengan dokter tenaga ahli atau spesialis kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar