Selasa, 20 Februari 2018

Tari-tari di Padang

in: WiKITAria Wikia 
Tari-tari di Padang
Kota Padang adalah ibukota dari provinsi Sumatera Barat. Kota yang terkenal dengan legenda Malin Kundang dan Siti Nurbaya ini berbatasan langsung dengan laut dan perbukitan, sehingga secara otomatis mempunyai beragam tempat wisata menarik. Beragam jenis budaya banyak yang terkenal dari kota ini, dari segi makanannya hingga seni tari tradisionalnya. Sumatera Barat yang ber-ibu kota Padang ternyata memiliki beberapa tarian tradisional yang sangat menarik dan populer salah satunya adalah tari Indang dimana lagu latarnya “dindin badindin”. Bagi kamu yang kelahiran 80-an pasti pernah mendengar lagu tersebut karena dulu sering ditayangkan di TV.

 Tari-pasambahan.jpg
1. Tari Pasambahan Minang

Tarian ini bertujuan untuk menyambut tamu istimewa sebagai ucapan selamat datang dan juga ungkapan rasa hormat pada tamu yang diundang. Biasanya sebagai penyambutan pengantin pria ke rumah wanita, dan akan dilanjutkan dengan suguhan daun sirih. Lanjutkan..

2. Tari Piring

 Tari-piring-sumatera-barat.png
Tarian ini dulunya merupakan tarian persembahan bagi para dewa yang telah mengkaruniakan hasil panen yang berlimpah selama setahun. Perlu diketahui bahwa sebelum masuknya Islam, masyarakat Minangkabau mayoritas masih memeluk agama Hindu, Budha, dan sebagian Animisme. Lanjutkan..



3. Tari Indang

 Indang.jpg
Tarian tradisional berikutnya sudah tidak asing lagi ditelinga kita, karena juga di sebut tari badindin. Biasanya ditarikan dengan jumlah 7 orang dan dibawakan oleh pria, namun seiring dengan zaman, wanita pun banyak yang menarikan tarian ini. Sejarahnya, tarian ini dibuat untuk menyebarkan dakwah agama Islam ketika dibawa Syekh Burhanudin. Namun sekarang, tarian ini diadakan bila ada seminar budaya dan bersifat hiburan saja. Lanjutkan..


Top Contributors to this article
 
0 COMMENT
Explore Wikis
Follow Us

Overview

About
Careers
Press
Contact
Wikia.org
Terms of Use
Privacy Policy
Global Sitemap
Local Sitemap
Community

Community Central
Support
WAM Score
Help
Community Apps

Take your favorite fandoms with you and never miss a beat
Advertise

Media Kit
WiKITAria Wikia is a FANDOM Lifestyle Community. Content is available under CC-BY-SA.
VIEW FULL SITE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar