Senin, 19 Februari 2018

Makanan Khas Medan Yang Wajib Buat Oleh-Oleh


MAKANAN KHAS MEDAN BUAT OLEH-OLEH

DURIAN

Duren Medan

Durian Medan emang udah paling terkenal deh dari dulu.Durian dari Medan punya rasa yang khas dan gak bisa kita temuin di daerah penghasil durian lainnya loh. Rasa yang manis terus bentuknya besar dan biji yang kecil ngebuat harga Duren Medan jadi cukup mahal. Makanan khas Medan yang satu ini juga sudah banyak dijual dalam kemasan. Durian dikupas dan dikemas, jadi lebih rapi dan aromanya pun jadi gak menyengat kalau dibawa didalem kendaraan. Harga durian kupas yang sudah dikemas bisa mencapai antara Rp 150.000 – Rp 400.000, harga yang cukup menguras kantong ya 😛

BOLU MERANTI

Bolu Meranti Medan

Makanan khas Medan yang cukup terkenal selanjutnya adalah Bolu Meranti Medan. Bolu meranti ini menjadi pilihan para wisatawan yang berkunjung ke Medan. Kue ini bentuknya mirip sama kue lapis Surabaya yang udah terkenal. Bedanya bolu ini punya cita rasa yang beda dengan berbagai jenis pilihan rasa, mulai dari rasa keju, kacang, nanas, strawberry dan mocca. Bahkan, ada Bolu Miranti rasa ayam dan abon, bolu ini juga banyak dicari buat oleh-oleh wajib dari Medan loh. Kalau kamu pergi ke Medan, kamu bisa membeli Bolu Meranti di daerah Jl. Kruing Medan dan Jl. Sisingamangaraja dengan harga mulai dari Rp 50.000 Rp 75.000.

BIKA AMBON

Bika Ambon, Makanan Khas Medan

Mungkin banyak yang mengira kalau Bika Ambon adalah makanan khas dari Ambon. Kamu salah! 😛 Yup, Bika AMbon ini jenis makanan yang berasa dari Medan. Kue ini punya ciri-ciri warna kuning, teksturnya belubang kecil-kecil dan berserat. Bika Ambon juga punya beberapa varian rasa, yaitu original, keju dan mocca. Kalau kamu lagi jalan-jalan di Medan, kamu bisa nemuin banyak banget toko yang jual Bika Ambon. Salah satu penjual Bika Ambon yang terkenal itu Bika Ambon Zulaikha yang ada di JL Majapahit no. 62, harganya dari Rp 60.000 – Rp 70.000 untuk ukuran besar. Sedangkan yang kecil kamu bisa dapetin dari harga Rp 35.000 – Rp 43.000. Untuk lama kadaluarsa makanan bisa sampai 4hari, jadi cukup aman buat dijadiin salah satu oleh-oleh dari Medan 🙂

SIRUP MARKISA

Sirup Markisa Medan

Selain makanan, Kota Medan juga punya minuman khas yaitu sirup markisa. Sirup markisa dari Medan emang terkenal dengan rasa segar dan manisnya. Ada 2 jenis sirup markisa yang terkenal di Medan yaitu Markisa Sarang Tawon dan Markisa Jus Pohon Pinang. Sirup ini bisa kamu temuin hampir di semua toko yang menjual oleh-oleh di Kota Medan. Mengenai harganya juga bervariasi berkisar antara Rp 25.000 – Rp 30.000. Sedangkan buah markisa yang dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan sirup yaitu markisa dari kawasan Berastagi. Kawasan tersebut merupakan wilayah sentra buah-buahan di Sumatra Utara.

LEMANG

Lemang Medan

Lemang yaitu jenis makanan yang terbuat dari beras pulut kemudian dibakar di dalam sepotong bambu dan rasanya enak banget! 😀 Kamu bisa temuin Lemang yang sudah sangat terkenal di Jalan Flamboyan, Jalan Bromo dan Jalan Gatot Subroto Medan. Harganya berkisar antara Rp 20.000 – Rp 25.000. Ini jadi salah satu makanan khas Medan yang wajib kamu cobain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar