Senin, 19 Februari 2018

Makanan Khas Maluku yang Wajib Dicoba


Makanan Khas Maluku yang Wajib Dicoba

 NADIPOS
1 week ago
Bukan hanya diberkahi dengan tempat-tempat yang indah yang dapat dikunjungi wisatawan. Tanah air kita pun dianugerahi dengan aneka macam hidangan Nusantara dengan rasa yang begitu beragam. Salah satunya apabila anda berkunjung ke Maluku. Selain disuguhi dengan aneka pemandangan yang menarik nan eksotis, tempat ini pun memiliki segudang makanan khas yang mungkin tak anda dapatkan di tempat lainnya.

Nah, untuk anda yang hendak menjelajahi tanah Indonesia jangan lupa untuk mengunjungi Maluku. Menikmati aneka ragam makanan khas yang nikmat bisa mungkin menjadi pengalaman berlibur yang berharga. Ini dia daftar makanan khas Maluku yang bisa anda simak.



Gohu Ikan



Menikmati sensasi mencicip ‘sashimi ala Indonesia’ bisa anda temukan di Maluku. Banyak orang bilang ini adalah Sashimi khas Ternate yang wajib dicoba. Adapun yang membedakan hidangan ini dengan sashimi yang ada di Jepang adalah bahan dasar yang digunakan untuk hidangan ini.

Bila anda seringkali mencicipi sashimi dari bahan dasar ikan tuna atau salmon yang dicelup dengan kecap asin dan bahan lainnya. Lain halnya dengan sajian “sashimi dari Ternate’ kali ini. Cara penyajian hidangan ini adalah dengan memotong kecil-kecil ikan tuna yang dibumbui dengan menggunakan garam.

Kemudian bahan-bahan pelengkap lain dihadirkan seperti lemon cui, bawang merah, cabe rawit dan juga kemangi yang dirajang. Selanjutnya minyak kelapa yang panas disiramkan dibagian atasnya. Tak lupa pula dengan sajian kacang goreng yang ditumbuk ditaburkan dibagian atasnya.

Nah, bagaimana cukup menggoda bukan? Beranikah anda untuk mencicipi sajian ini? Bila penasaran maka ketika mampir ke Maluku jangan lupa kunjungi tempat yang satu ini.



Papeda



Berbicara mengenai hidangan khas Maluku maka mungkin Papeda menjadi bagian yang tak perpisahkan dari daftar kuliner khas kepulauan dengan ibu kota Ambon ini. Akan tetapi, meski seringkali mendengar nama Papeda namun seringkali banyak orang belum mengetahui dengan baik seperti apa rupa dari hidangan ini.

Baca Juga :  Tempat Makan Di Jakarta Yang Buka 24 Jam Untuk Sahur
Papeda adalah hidangan yang mirip dengan bubur yang dibuat dari tepung sagu. Teksturnya hampir mirip dengan sup krim yang mengental. Hanya saja, perbedaannya terletak dari kekentalan papeda yang jauh lebih “slimy” dibandingkan dengan sajian soup cream.

Sajian yang satu ini biasanya dihidangkan bersama dengan ikan tongkol atau ikan mubara yang dimasak dengan bumbu kuning. Akan tetapi demikian, banyak juga yang mengkombinasikan sajian ini dengan ikan kakap merah, ikan kue ataupun ikan gabus. Teksturnya dari papeda sendiri begitu lengket seperti lem dan rasanya tawar sehingga cocok disajikan dengan aneka hidangan ikan apa saja.



Ikan Komu Asar



Bukan hanya sajian ikan asin yang terkenal dari tanah Maluku. Bila mampir ke tempat ini anda pun akan senantiasa mendapati sajian kuliner yang dinamakan dengan Ikan Komu Asar. Hidangan ini adalah sajian ikan calakang yang ditusuk dengan menggunakan bambu untuk selanjutnya diasapi sampai ikan menjadi kering.

Hidangan yang satu ini biasanya dinikmati bersama dengan nasi dan sambal colo-colo khas Maluku. Adapun sambal colo-colo sendiri dibuat dengan bahan dasar perasan jeruk nipis yang dicampurkan bersama dengan beberapa bahan, yakni kecap, mentega cair dan juga irisan bawang merah.

Tentunya dua kombinasi bahan ini menghasilkan citarasa yang nikmat dan lezat. Sehingga cocok sekali menjadi sajian mantap yang dinikmati sambil memandang keindahan pantai atau panorama alam yang khas di tanah Maluku.



Ikan Kuah Pala Banda



Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan informasi terakurat adalah dengan bertanya pada sumber yang terpercaya. Begitupun ketika anda mengunjungi Maluku, bila anda penasaran dengan kuliner khas Maluku dengan citarasa yang mantap. Maka semua setuju bahwa sajian ikan kuah pala banda adalah salah satu kuliner yang menjadi favorit masyarakat asli Maluku.

Baca Juga :  7 Pilihan Restoran Korea Enak di Jakarta
Ya, sesuai dengan namanya hidangan yang satu ini memang berasal dari Pulau Banda dimana tempat ini memang dikenal dengan rempah-rempahnya yang berlimpah. Kelezatan ikan kuah pada Banda ini memang sudah dikenal sejak berabad-abad lamanya. Bahkan saking khasnya, sajian ikan pala Banda seringkali digunakan untuk menjamu para petinggi Belanda yang datang ke tanah Banda.

Kuah sup dari ikan ini yang khas dengan rasa yang segar dan nikmat bercampur dengan pedasnya buah pala. Menjadikan sajian ini adalah hidangan yang istimewa yang wajib untuk anda cicipi bila berkunjung ke Maluku. Biasanya hidangan ini disantap dan disajikan dengan daun pepaya, ikan kakap merah bakar dan sambal bekasang yang dibuat dari ikan cakalang yang ditumbuk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar